Artikel 5 pendanaan pembangunan


(Sumber: USDA National Nutrient data base)

          Dapat dirumuskan beberapa manfaat buah kurma sebagai berikut:

Mengatasi konstipasi. Menunjang kesehatan dan kekuatan tulang. Mengatasi gangguan usus. Membantu mengobati anemia. Menanggulangi alergi. Membantu dalam proses pemulihan penyakit demam berdarah. Mencegah gejala rematik. Menambah berat badan. Energy booster. Menjaga kesehatan sistem saraf. Meningkatkan daya ingat dan sistem kerja otak. Mencegah terjadinya insomnia. Menjaga kesehatan jantung. Kelemahan seksual. Mengurangi rabun senja. Intoksikasi. Mengendalikan diare. Mencegah kanker lambung. Membantu mencegah risiko kanker otak. Sumber antioksidan. mencegah penggumpalan darah. Bebas lemak jenuh.
          Namun kali ini yang kita akan kupas bukan Kurma serta mamfaatnya Tapi banyaknya tema Buah Kurma yang kebetulan dibawakan pada saat Ceramah sebelum Shalat Tarawih dibeberapa Masjid diKota Lhokseumawe diantarannya:

SEBUTIR KURMA MENYEBABKAN DOA TAK TERKABULKAN

Kisah Sayyiduna Ibrahim bin Adham,

DOA TAK TERKABULKAN

Secuil Syubhat Yang Menghalangi Doa

Dalam kisah tersebut menerangkan bahwa:

Selama ini pikiran kita hanya yang jelas haram baru berbuah dosa. Ternyata, jangankan yang haram, secuil syubhat pun sudah cukup membuktikan, siapa yang akan menjadi penghuni surga dan neraka.

           Selain kisah buah Kurma diatas ada juga Sabda Nabi Tentang buah kurma yang juga tidak kalah masurnya yaitu tentang sabda Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam 

«اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ»

 “Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah Sepotong Kurma”.

( Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

  • Penjelasan

Allahu Akbar.. betapa indahnya syariat Islam. Tidak ada satu sebab pun yang berpotensi untuk mengantarkan manusia kepada syurga dan menjauhkan dari api neraka melainkan telah dijelaskan oleh Allah dan Rosul-Nya shollahu ‘alaihi wa sallam.

Seperti hadist ini, yang berisi anjuran bersedekah yang merupakan sebab dijauhkan kita dari api neraka meski  hal tersebut dianggap remeh oleh sebagian manusia.

          Bukan terbatas pada kurma saja. Akan tetapi, mencakup sedekah secara umum. Bahkan, sesuap makanan yang dibelikan suami kepada istrinya juga termasuk sedekah. Adapaun penyebutan kurma dalam hadist ini adalah karena kurma merupakan makanan pokok penduduk Hijaz (Madinah, Mekkah dan sekitarnya).

Dalam riwayat lain terdapat tambahan :

فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ

“Bila kalian tidak memiliki sesuatu yang bisa disedekahkan

meski Separuh kurma) maka (jaga diri kalian dari neraka) dengan kata-kata yang baik”. 

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

          Subhanallah. Ketika ada seorang peminta sedekah dan kita tidak memiliki sesuatu yang disedekahkan, maka jangan cerca dia dengan kata-kata yang buruk. Akan tetapi, berkatalah yang baik yang bisa menyejukkan perasaannya (karena  sedekah) karena hal itu bisa menjadi sebab kita terjaga dari api neraka.

Ramadhan tinggal beberapa hari lagi, jangan lewatkan kesempatan berinfaq yang pahalanya dilipat gandakan sampai 700x di bulan Ramadhaan ini. Mari kita bersihkan harta dan hati kita dengan berinfaq yang terbaik. 

Oleh karenanya, marilah kita saling berlomba-lomba dalam perbuatan kebajikan selagi masih diberi kesempatan untuk beramal didunia ini, khususnya dibulan Ramadhan, Jangan malu-malu untuk bersedekah. Iringi sedekah anda dengan rasa ikhlas hanya untuk Allah dan berharap semoga Allah menerimanya sehingga bisa menjadi sebab dijauhkannya anda dari api neraka.

 

Ditulis Oleh

Ustadz Ridwan Arifin, Lc, kutipan whatsapp  M. Maxsalmina, SHI, MH dan dirankai oleh admin.








Post Terkait

  • Baca

    Artikel 1 pandangan...

  • Baca

    Artikel 9 Focus...

  • Baca

    Artikel 10 Focus...

  • Baca

    Artikel 6 pendanaan...