Artikel 5 Focus Pengembangan dan Penelitian


          Seni musik akapela Islami merupakan suatu teknik bernyanyi yang biasanya dilakukan secara berkelompok tanpa diiringi alat musik. Seni musik ini merupakan musik dari suara mulut yang meniru suara alat-alat musik lainya seperti gitar, drum, perkusi dan lain sebagainya. Saat ini mungkin sudah banyak yg tahu apa itu akapela yang mempunyai keunikan tersendiri yaitu memiliki keharmonian dan persatuan nada indah yang dapat membuat kita terasa lebih santai dan menikmati akan keindahan suaranya. Berbeda dengan di Indonesia, diNegara kita musik akapela cukup berkembang pesat. ada yang senandung bercorak Islam yang biasanya berisi pujian kepada Allah, kata-kata nasihat, kisah para nabi, dan yang berkaitan dengan Islam lainnya. biasanya dinyanyikan secara akapela atau dengan diiringi gendang, Hal ini terjadi karena banyak ulama Islam yang melarang penggunaan alat musik kecuali alat musik perkusi.

Sejarahnya akapela Islami dan nasyid dibawakan dengan alunan bercorak padang pasir, tetapi kini kumpulan grup nasyid telah berinovasi membawa perbagai bercorak baru dan diantarannya ada yang berbentuk akapela Islami, Pembaharuan ini menjadikan lagu-lagu nasyid lebih menarik dan memiliki daya saing yang lebih tinggi dalam bidang seni.

perbedaan antara Nasyiddan akapela adalah :

  1. Nasyid lebih bercorak Islam, sedangkan akapela coraknya umum tapi bisa di sajikan secara islami.
  2. Nasyid ada yang dinyanyikan secara akapela, tapi terkadangjuga diiringi musik perkusi
  3. Akapela dinyanyikan tanpa alat musik sama sekali, sedangkan nasyid bisa menggunakan, bisa juga tidak, Sedangkan persamaan nasyid dan akapela adalah sama-sama dilakukan secara berkelompok dan mengandalkan suara untuk meniru alat-alat musik.

Gambar di atas adalah group Akapella anak-anak muda yang Kreatif, hasil liputan Tim Warta Elektronik Islamic Centre di SMKN. 3 Kota Lhokseumawe yang termasur itu, Tim duduk dan bergabung dan ikut serta mengisi Acara Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. 1439 Hijriah.

Terimakasih Bapak Kepala Sekolah dan Guru-guru yang sangat Kreatif.
Bravo ...Khasanah Islam.








Post Terkait

  • Baca

    Artikel 3 Islamic...

  • Baca

    Artikel 6 Focus...

  • Baca

    Artikel 4 fokus...

  • Baca

    Artikel 4 Lokasi...