Artikel 5 Islamic Sosiaty Development Program ISD


KEGIATAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM

ISLAMIC CENTRE KOTA LHOKSEUMAWE - ACEH

  1. Latar Belakang

 

 

1.1             Kondisi Umum

 

          Kondisi umum pembangunan Bidang Agama dan Bidang pendidikan dalam kurun waktu jangka panjang 5 (Lima) tahun ke depan mengacu pada upaya pencapaian tujuan pengembangan kwalitas pengembangan dibidang agama.

Bahwa Islam adalah agama, yang diwahyukan Allah SWT yakni sebagai agama yang haq, sempurna dan diridhai-Nya bagi seluruh alam semesta. Dan sebagai agama yang wajib dianut oleh segenap umat manusia demi mencapai kebahagiaan hidup yang sejati didunia dan akhirat.

Bahwa kehidupan yang sesuai dengan fitnah manusia adalah kehidupan yang cenderung kepada kebenaran yang akan mengantarkan umat manusia kepada kebahagiaan dunia dan akhirat dan sesungguhnya sebagai tujuan hidup yang perlu kita perjuangkan bersama, untuk tujuan yang maha mulia ini, kita senantiasa harus mampu menghadirkan karya-karya kemanusiaan berupa amal shaleh dalam rangka beribadah dan menghambakan diri kita semua kepada Allah SWT.

Untuk mencapai cita-cita dan tekad luhur ini, di mana usaha pencapaian kebahagiaan hidup diakhirat dengan memperhatikan kebahagian didunia didalam tatanan kehidupan bermasyarakat yang adil dan makmur, dan diridhai Allah SWT, yaitu dengan melaksanakan usaha-usaha yang terencana, continue, teratur, dan penuh pertimbangan yang bijaksana,  maka dengan mengharapkan ridha Allah subhanahu wata’ala, Fokus pada Pengembangan Masyarakat Islam, kental dengan nuansa keagamaan, kerukunan beragama, terbuka, dengan anggaran dasar anggaran rumah tanggah yang sudah disiapkan oleh penggagas Lembaga/ program

          Upaya - upaya pengembangan umat Islam dewasa ini dilaksanakan dengan pelaksanaan dan peningkatan dalam pemahaman agamanya, dengan pemantauan sedini mungkin untuk mengurangi penyebab kemunduran umat itu sendiri. Sebagian mereka memisahkan antara ibadah dan muamalah sehingga cenderung menekankan urusan dunia dan meninggalkan akhirat atau sebaliknya meninggalkan urusan dunia sama sekali. Akibat dari pemahaman sekuler ini, masjid yang semula berfungsi ganda untuk tempat ibadah dan muamalah berubah fungsi hanya sebagai tempat ibadah semata.        

          Harus disadari, Mesjid yang dulunya menjadi pusat peribadatan dan penyebaran dakwah Islam dikota ini, kini semakin banyak masyarakat yang enggan untuk melakukan kegiatan ibadah dimesjid yang kita cintai ini.

          Dalam rangka memperbaiki kondisi tersebut, diperlukan suatu bentuk baru sarana pembinaan, berupa program, badan atau lembaga keagamaan Islam yang secara intensif memikirkan dan melahirkan gagasan baru yang kemudian disumbangkan dalam kegiatan pengembangan masyarakat Islam. Sarana tersebut merupakan pengembangan lebih lanjut dari fungsi masjid sebagai tempat ibadah sekaligus tempat pembangunan watak maupun budipekerti luhur serta bentuk kesinambungan pemahaman Agama, budaya maupun kearifan lokal umat pada saat ini. ketika badan kemakmuran mesjid Islamic Center dikota Lhokseumawe ini telah bekerja, selanjutnya harus diciptakan program baru yang berkesinambungan untuk akhirnya bisa menarik masyarakat kota ini agar mereka mau mengunjungi serta berpartisipasi secara langsung ataupun tidak langsung terhadap segala kegiatan yang diadakan oleh Islamic Center khususnya program yang telah 3 (Tiga bualan) dikaji dan diteliti oleh penggagas program ini, Terlebih lagi budaya Nanggroe Aceh Darussalam yang cenderung kental dengan nilai-nilai dan moral Islam, harus dapat diaplikasikan ke dalam seluruh aspek kegiatan Islamic Center ini. Hal ini nantinya akan menjadi poin positif karena kecenderungan masyarakat Aceh yang lebih bisa menerima sesuatu yang berbau budaya Aceh itu sendiri. Untuk itulah dibutuhkan konsep, sinergi yang mampu menjembatani kedua hal tersebut diatas yang tercetus dalam sebuah Lembaga / program/ Konsep nyata kegiatannya, dengan mengharapkan ridhaNya semata maka dibentuklah LEMBAGA/ PROGRAM/ KONSEP: ISLAMIC SOSIATY DEVELOPMENT ACTIVITES, atau disingkat ISD.








Post Terkait